PPS UIN K.H. Abdurrahman Wahid

LAMDIK Gelar Asesmen Lapangan pada Prodi MPAI Pascasarjana UIN Gusdur

E-mail Print PDF

AL PAI 1

Pekalongan, (11/01) Untuk pertama kalinya di lingkungan pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) melakukan asesmen lapangan (AL) pada Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam pada hari Selasa-Rabu (10-11/01/2023).

Kegiatan AL tersebut di buka langsung oleh Rektor Prof. Dr. Zaenal Mustakim, M.Ag. yang menyampaikan bahwa Asesmen Lapangan LAMDIK ini merupakan kegiatan yang pertama kali proses akreditasi melalui LAM di Pascasarjana UIN Gusdur Pekalongan, yang sebelumnya melalui BAN PT. “Tentunya terdapat perbedaan proses akreditasi melalui BAN PT ataupun LAM Teknikkesemuanya bertujuan meningkatkan kualitas dari Jurusan atau Program Studi,” tegasnya. Prof. Zaenal menyatakan bahwa proses Asesmen Lapangan ini “tidak hanya menjudge tetapi juga merupakan proses pembinaan bagi Jurusan/Program Studi Magister PAI untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dari waktu ke waktu,” jelasnya.

Kegiatan yang diasesori oleh Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., M.Si., dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Dr. Ubaidillah, M.Ag. dari UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember berjalan lancar, mulai dari proses pemeriksaan berkas-berkas kelengkapan akreditasi, diskusi mulai dari UPPS yang di pimpin oleh Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag., serta tanya jawab mengklarifikasi data yang di submit melalui LAMDIK dengan Kaprodi MPAI Dr. Slamet Untung, M. Ag.

Semua komponen juga ikut di wawancara diantaranya pengguna lulusan, alumni, mahasiswa serta dosen dan Tendik, yang semuanya diakumulasi sebagai komponen penilaian, termasuk kunjungan ke Laboratorium, unit layanan yang terdapat di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

AL PAI 2

Dr. Slamet Untung. M.Ag. selaku Ketua Prodi menuturkan bahwa proses AL yang menggunakan standar 9 kriteria, “berbeda dengan sebelumnya yang hanya 7 standar, tentu saja hal ini cukup berat, namun ini harus tetap dilalui dan berharap hasil yang maksimal kendati masih terdapat beberapa kekurangan, yang nanti harus segera dibenahi,” paparnya.

Dr. Taufiqur Rohman, M. Sy. selaku Sekretaris Prodi juga menjelaskan, menghadapi Akreditasi melalui LAM Teknik merupakan pengalaman baru dan mendapatkan hal baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Program Studi, “walaupun dengan persiapan yang cukup melelahkan dengan standar 9, dan berharap hasil terbaik. Mohon doa dan dukungannya dari civitas akademika agar mendapatkan nilai terbaik,” tandasnya.

Sebelum menutup kegiatan di hari kedua, Rabu (12/01/2023) Asesor lapangan mengucapkan terima kasih atas penerimaan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan sehingga memudahkan proses penilaian dan berjalan cukup lancar, serta terkesan dengan kampus UIN Gusdur, “kami selaku Asesor berupaya seobyektif mungkin dalam melakukan penilaian dan mudah-mudahan mendapatkan hasil terbaik,” paparnya.

Kegiatan Assessmen Lapangan ini ditutup secara langsung oleh Wakil Rektor 1 UIN Gusdur Prof. Dr. Maghfur, M.Ag. Dalam kata penutupan beliau mengatakan bahwa kami selalu berupaya untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan visi dan misi yang ada, dan berharap nilai terbaik dari proses ini. (Bagas Mukti Nasrowi /Humas Pascasarjana)