Prodi S2 PGMI Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Melakukan Kaji Terap dan External Benchmarking ke Prodi S2 PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pekalongan, 28 Mei 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas dan pengelolaan program studi unggulan, Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengadakan kegiatan kaji terap (external benchmarking) ke Program Studi S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Senin, 27 Mei 2024.

Delegasi dari Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang hadir dalam acara tersebut terdiri dari Dr. Hj. Nur Khasanah, M.Ag. selaku Kaprodi S2 PGMI, Dr. M. Ali Ghufron, M.Pd. selaku Sekprodi S2 PGMI, dan Sutrisno, M.H.I. yang bertugas sebagai admin Prodi. Sementara itu, perwakilan dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diwakili oleh Dr. Siti Fatonah, M.Pd. selaku Kaprodi S2 PGMI dan Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd. selaku Sekprodi S2 PGMI.

Kegiatan kaji terap ini bertujuan untuk mempelajari dan mengadopsi praktik-praktik terbaik dalam pengelolaan program studi unggulan dari UIN Sunan Kalijaga. Dalam pertemuan tersebut, beberapa poin penting yang dibahas meliputi: (1) Peluang Kerja Sama Antar Prodi: Kedua pihak mendiskusikan berbagai peluang kerja sama yang dapat dilakukan untuk memperkuat hubungan antar program studi, termasuk dalam bidang penelitian, publikasi ilmiah, dan pengembangan kapasitas dosen. (2) Program-program Prodi: Diskusi mengenai program-program inovatif yang telah diterapkan di Prodi S2 PGMI UIN Sunan Kalijaga, serta rencana implementasi program serupa di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. (3) Kurikulum Prodi: Evaluasi kurikulum yang berlaku di masing-masing prodi, serta pertukaran ide untuk pengembangan kurikulum yang lebih responsif terhadap kebutuhan zaman dan tuntutan pasar kerja. (4) Pengelolaan Prodi Unggul: Pembahasan tentang strategi pengelolaan program studi untuk mencapai status prodi unggulan, termasuk akreditasi, peningkatan mutu akademik, dan pengelolaan sumber daya.

Dr. Hj. Nur Khasanah, M.Ag. menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta atas sambutan yang hangat dan kesempatan untuk belajar dari pengalaman mereka. “Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang signifikan bagi pengembangan program studi kami,” ujar Dr. Nur Khasanah.

Sementara itu, Dr. Siti Fatonah, M.Pd. menyatakan komitmennya untuk mendukung kolaborasi ini dan berharap dapat bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan di kedua institusi. “Sinergi antara UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dan UIN Sunan Kalijaga akan membuka peluang-peluang baru untuk pengembangan pendidikan tinggi Islam di Indonesia,” kata Dr. Siti Fatonah.

Kegiatan kaji terap ini diakhiri dengan penandatanganan nota kesepahaman sebagai langkah awal dari kerja sama yang lebih erat di masa depan. Kedua belah pihak optimis bahwa hasil dari benchmarking ini akan membawa dampak positif bagi pengelolaan dan peningkatan mutu Program Studi S2 PGMI di kedua universitas. (Humas Pascasarjana)