Selayang Pandang

Berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. Dj.I/1813/2011 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang saat itu bernama STAIN Pekalongan diberi amanat untuk menyelenggarakan Pascasarjana (S.2) dengan dua Program Studi: Hukum Keluarga (Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah) dan Pendidikan Agama Islam. Amanat tersebut merupakan respon atas permohonan STAIN Pekalongan dalam meningkatkan pelayanan pendidikan tingkat tinggi yang kompeten dalam ilmu keislaman, profesional dan bertanggung jawab terhadap transformasi sosial masyarakat muslim dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia

Berdasarkan Peraturan Presiden  Nomor 73 Tahun 2016 STAIN Pekalongan beralih status menjadi IAIN Pekalongan. Pada masa IAIN Pekalongan Pascasarjana IAIN Pekalongan mendapat tambahan 3 prodi baru yaitu prodi Magister Penddikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MPGMI), Prodi Magister Ekonomi Syariah (MES), dan Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab (MPBA).  Semua Program studi yang dikelola telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hingga saat ini Pascasarjana IAIN Pekalongan telah meluluskan banyak alumni yang terserap di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta.

 Pada tahun 2020 IAIN Pekalongan mendapat amanah untuk menyelenggarakan perkuliahan pada program studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan telah terakreditasi Baik dengan SK BAN-PT Nomor: 13725/SK/BAN-PT/Ak-PKP/M/I/2022. Di tahun yang sama IAIN Pekalongan juga dipercaya untuk menyelenggarakan prodi Magister Ekonomi Syariah (ES) dan telah terakreditasi Baik dengan SK BAN-PT Nomor: 13746/SK/BAN-PT/Ak-PKP/M/I/2022. Kemudian pada tahun 2021 Pascasarjana IAIN Pekalongan mendapat tambahan Program Studi baru, yaitu program studi Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dengan  SK Pendirian KMA Nomor: 761 Tahun 2021 dengan predikat akreditasi Baik.

Setelah IAIN Pekalongan beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan berdasarkan PERPRES Nomor: 86 Tahun 2022, dan mengusulkan reakreditasi program studi, program studi di pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan meraih predikat akreditasi sebagai berikut. Prodi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MPGMI) memperoleh predikat Baik Sekali dengan SK BAN-PT Nomor: 10537/SK/BAN-PT/Ak-PNB/M/XII/2022. Prodi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) mendapatkan predikat Baik Sekali berdasarkan SK Lamdik Nomor: 199/SK/LAMDIK/Ak/M/I/2023. Prodi Magister Ekonomi Syariah (MES) memperoleh predikat Baik Sekali dengan SK BAN-PT Nomor: 2193/SK/BAN-PT/Ak-PNB/M/VI/2023. Prodi Magister Hukum Keluarga Islam (MHKI) memperoleh predikat Unggul dengan SK BAN-PT Nomor : 219/SK/BAN-PT/Ak/M/I/2024.