Asesmen Lapangan Pascasarjana UIN Gusdur untuk Prodi Doktor Ilmu Syariah: Menuju Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi

Pekalongan (17/02) – Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan resmi melakukan asesmen lapangan untuk membuka Program Doktor baru dalam bidang Ilmu Syariah. Assesmen dilakukan sebagai bagian dari persiapan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga ahli di bidang tersebut yang semakin meningkat.
Rektor UIN Gusdur, Prof. Dr. Zaenal Mustakim, M.Ag., mengatakan bahwa langkah ini merupakan respons dari permintaan masyarakat yang semakin meningkat akan kebutuhan akan pakar di bidang Ilmu Syariah. “Dengan membuka Prodi Doktor baru, kami berharap dapat memberikan kontribusi lebih besar dalam menghasilkan para ahli yang mampu menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Asesmen lapangan dilakukan oleh tim asesor, Prof. Dr. Syamsun Ni’am, M.Ag. dan Prof. Dr. Ramdani Wahyu Sururie, M.Ag., M.Si yang merupakan pakar di bidang Ilmu Syariah, akademisi, dan praktisi yang berpengalaman. Mereka meninjau berbagai aspek terkait pendirian Prodi Doktor, termasuk ketersediaan sumber daya, kebutuhan pasar kerja, dan potensi kontribusi terhadap perkembangan Ilmu Syariah di Indonesia.

Menurut, Dr. Lukman Nugraha, S.Pd., M.Ed., asesmen lapangan merupakan tahap penting dalam proses pendirian Prodi Doktor baru. “Melalui asesmen lapangan ini, kami dapat memastikan bahwa pendirian Prodi Doktor Ilmu Syariah akan sesuai dengan kebutuhan dan standar mutu yang ditetapkan,” ujarnya. Hasil dari asesmen lapangan akan menjadi dasar bagi perguruan tinggi untuk mengambil langkah selanjutnya dalam proses pendirian Prodi Doktor Ilmu Syariah. Hal ini termasuk penyusunan kurikulum, pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia, dan persiapan teknis lainnya yang diperlukan.

Asesmen Lapangan yang berlangsung di  Gedung Perkuliahan Tepadu (GPT) Lantai 3 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan berakhir dengan peninjauan oleh tim asesor ke perpustakaan kampus. Pertemuan tersebut merupakan bagian dari proses penilaian yang sedang berlangsung. Tim asesor melakukan peninjauan mendalam terhadap fasilitas, layanan, dan koleksi perpustakaan. Mereka juga melibatkan pihak terkait, termasuk staf perpustakaan dan mahasiswa, dalam diskusi untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang kinerja dan kebutuhan perpustakaan.

Diharapkan dengan adanya Prodi Doktor Ilmu Syariah baru ini, akan tercipta lingkungan akademik yang kondusif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian di bidang Ilmu Syariah. Selain itu, akan memberikan peluang bagi para mahasiswa dan akademisi untuk mengembangkan potensi dan kontribusi mereka dalam mendukung pembangunan bangsa.Prodi Doktor Ilmu Syariah di Pascasarjana UIN Gusdur direncanakan akan membuka penerimaan mahasiswa pada tahun akademik berikutnya.

Dengan pembukaan Prodi Doktor Ilmu Syariah di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan ini, diharapkan menjadi pintu pembuka untuk prodi S3 yang lain di UIN Gusdur, dan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan Ilmu Syariah di Indonesia, serta mencetak para ahli yang mampu berkontribusi dalam mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Reporter : Ridhoka Fisyauqi
Editor: Humas Pascasarjana UIN Gusdur